MEDIA KATALOG DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Fahmi Nur Ramadhan Universitas Sebelas Maret
  • Sunardi Sunardi
  • Akhmad Arif Musadad
Keywords: Pembelajaran Sejarah; Pandemi Covid-19; Katalog Digital Sejarah

Abstract

Abstract

Various new problems emerged after history learning which is currently carried out online due to the Covid-19 virus pandemic. Thes new problems make the promblems in history learning more diverse after conventional history learning also experiences many problems. Various problems that arise in online history learning such as students who are easily bored and tired, student who increasingly do not understand the material presented, students who are inceasingly not  interested in online history learning, students do not always pay attention and are not easy to monitor after learning online history. The purpose of this research is to overcome various problems that occur due to online history learning through the use of the Digital History Catalog learning media. This study uses a research method in the form of descriptive qualitative research. The result showed that uses of appropriate, innovative, interactive learning media and being able to adapt to online learning was needed both by students and by the teachers themselves. Media such as the Digital History Catalog can overcome the problems that occur due to online history learning. Digital History Catalog Media can adjust the material to be delivered according to those listed in the KI and KD of history learning.

 

Keywords: History Learning, Covid-19 Pandemic, History Digital Catalog.

 

Abstrak

Berbagai permasalahan baru muncul setelah pembelajaran sejarah yang saat ini dilakukan secara online akibat terjadinya pandemi virus Covid-19. Masalah-masalah baru tersebut membuat masalah dalam pembelajaran sejarah semakin beragam setelah pembelajaran sejarah secara konvensional pun mengalami banyak permasalahan. Berbagai masalah yang muncul dalam pembelajaran sejarah online seperti misalnya siswa yang mudah cepat bosan dan lelah, siswa yang semakin tidak paham tentang materi yang disampaikan, siswa yang tidak tertarik dengan pembelajaran sejarah online, siswa tidak selalu memperhatikan dan tidak mudah untuk dipantau setelah dilakukannya pembelajaran sejarah online. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini ialah untuk mengatasi berbagai permasalah yang terjadi akibat pembelajaran sejarah online melalui sebuah penggunaan media pembelajaran Katalog Digital Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat, inovatif, dan interakitf serta mampu menyesuaikan dengan pembelajaran online sangat dibutuhkan baik oleh siswa maupun oleh guru sendiri. Media seperti Katalog Digital Sejarah dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi akibat pembelajaran sejarah online. Media Katalog Digital Sejarah dapat menyesuaikan materi yang akan disampaikan sesuai dengan yang tercantum dalam KI dan KD pembelajaran sejarah.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah; Pandemi Covid-19; Katalog Digital Sejarah

References

Afi, M. W., Sayono, J., & Sulistyo, W. D. (2021). Desain Media Katalog Digital Museum Airlangga untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Plosoklaten Kediri. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 229–238.
Agung, L., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Agustina, D., & Amboro, K. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Berbasis Katalog Peninggalan Sejarah Lokal untuk Menguatkan Pemahaman Sejarah Lokal Siswa di SMA Negeri 3 Menggala Tulang Bawang. Jurnal Swarnadwipa, 2(3), 165–178.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SMA/MA/MAK Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Mahardika, M. D. G. (2021). Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran Sejarah dengan Orientasi Student Active Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 9–21.
Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Subakti, Y. R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPSS, 24(1), 1–23.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widja, I. G. (1989). Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Published
2021-12-12
Section
Articles