Strategi Pengembangan Pembelajaran Sejarah Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Berbasis Diorama Museum di Sekolah
Abstract
Strategi serta upaya dalam mengajarkan sekaligus memahamkan materi sejarah pada pokok bahasan kependudukan Jepang yang diajarkan di kelas XI dengan Kompetensi Dasarnya adalah (1) menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia, (2) menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada tataran praksis masih banyak guru sejarah mengalami hambatan dalam setiap pembelajaran karena sulitnya menggambarkan lokasi serta visualisasi sejarah. Oleh sebab itu diperlukan sebuah strategi bagaimana mengajarkan peserta didik dalam memahami sejarah kependudukan Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sekaligus menjelaskan bagaimana museum dapat menginformasikan tentang sejarah kependudukan Jepang sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam tiap pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian literatur yang dipadukan dengan sumber-sumber media dalam bentuk diorama museum. Melalui pemanfaatan sumber sejarah dapat dianalisis secara kritis, intepretatif sehingga menghasilkan historiografi untuk kepentingan pembelajaran sejarah. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa dalam strategi pengembangan media pembelajaran, museum dapat dipakai sebagai salah satu sarana media pembelajaran sejarah yang interaktif. Diantara museum yang dapat dipakai adalah museum Benteng Vredeburg. Hal ini karena museum menawarkan berbagai sisi yang kompleks dan komperhernsif khusunya dalam hal visualisasi, intepretasi dan generasi dalam mengggambarkan sebuah peristiwa sejarah. Dengan demikian dalam pembelajaran sejarah materi pendudukan Jepang perlu adanya penguatan penggunaan media pembelajaran menggunakan museum.
Downloads
References
Basri, Wahidul, 2021. Pengembangan Materi Ajar Sejarah Bermuatan Lokal Pada SMAN Di Sumetera Barat. Diakronika, 21 (2), 187-197.
Birsyada, Muhammad Iqbal, 2014. Pengembangan Model Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah. Forum Ilmu Sosial, 41 (2).
Birsyada, Muhammad Iqbal, 2015. Pengembangan Strategi Pembelajaran IPS Sejarah Berbasis Critical Pedagogy di sekolah. Jurnal Sejarah dan Budaya, 9 (2), 200-216.
Birsyada, Muhammad Iqbal, 2016. Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: Ombak. Halaman 100-102.
Birsyada, Muhammad Iqbal., & Siswanta, 2021. Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan Pangeran Sambernyowo di Era Masyarakat 5.0. Diakronika, 21 (1), 45-56.
Cooper, H (2018). What is creativity in history, in Education, 3-13, (6), pp.636-647, download from http://insight.cumbria.ac.uk.
Febrianto et al., 2020. Febrianto, P. T., Trunojoyo, U., Province, E. J., Megasari, L. A., Airlangga, U., & Province, E. J. Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island , Indonesia. 19(8), 233–254).
Haryono, Sadiman, A.S., Rahardjo, R., A., & Harjito, 2016. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaataannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.. Halaman 7.
Hudaidah., & Karwana, M. Arman Putra, 2021. Pendidikan Di Indonesia Masa Pendudukan Jepang. Danadyaksa Historica 1 (2).
Jufri, D, 2016. Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 65-76.
Lasmidjah, Hardi, (1984). Kumpulan Pengalaman dan Pemikiran. Jakarta. Sinar Harapan.
Musfiqon, 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.
Muljana, Slamet, 2008. Kesadaran Nasional Dari Kolonilaisme Sampai Kemerdekaan Jilid II. Yogyakarta: LKiS.
Natawidjaja, Rochman (ed), 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Notosutanto, Nugroho & Poeponegoro, Marwati Djoened, 1993. Sejarah Nasional Indonesia VI. Cetakan kedelapan. Jakarta: Balai Pustaka: halaman 39.
Permadi, Edo Galih., & Purwaningsih, Sri Mastuti, 2005. Politik Bahasa Pada Masa Pendudukan Jepang. Jurnal Avatara, Volume 3, No. 3, Oktober.
Rahma, Astrid Dwi., Suswandari.,& Hari Naredi, 2020. Jugun Ianfu: kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Pada Masa Pendudukan Jepang Di Jawa Barat Tahun 1942-1945. Chronologia: Journal of History Education vol.1 no.3 Hal. 36-49.
Ramadhan, Fahmi Nur., Sunardi & Musada, Akhmad Arif Musa, 2021. Media Katalog Digital Untuk Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19. Diakronika 21 (2).
Ricklefs, M.C, 2001. A History of Modern Indonesia since c.1200 Third Edition. Palgrave.
Saifudin, S., & Saepuddin, D. (2020). Pengaruh kolonialisme Jepang terhadap pendidikan Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 164-177
Sanjaya, W., 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sayono, Joko, 2013. Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17.
Soenarjo, 1982. Soenarjo, Djoenasih S., Mengenal Propaganda. Yogyakarta: Liberty.
Sondarika, Wulan, 2017. Peranan Wanita Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Masa Pendudukan Jepang. Jurnal HISTORIA Volume 5, Nomor 2.
Sulistya, Agus V. (2020). Buku Panduan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan.
Supriatna, Nana., & Maulidah Neni, 2020. Pedagogi Kreatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Varadyna, Yunida., & Rosyid, Ikhsan. Karya Sastra: Antara Propaganda Pemerintah Dan Media Kritik Sastrawan Masa Pendudukan Jepang 1942-1945. Jurnal Seuneubok Lada, No 1 Vol.1 Januari-Juni 2014.
Yoesoef, M.,2010, “Drama di Masa Pendudukan Jepang (1942-1945): Sebuah Catatan Manusia Indonesia di Zaman Perang” dalam Jurnal Makara Vol 14 No. 1,Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Wibowo, Tubagus Umar Syarif Hadi, dkk, 2020. Pemanfaatan Virtual Tour Museum (VTM) Dalam Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, vol 3, no 1, hal.402-408.