ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR OLEH GURU SEJARAH DI KELAS X IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Main Article Content

Muhammad Sadikin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis 1. Perencanaan pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan media gambar oleh guru di kelas X IPS SMA Muhammadiyah 2 Pontianak; 2. Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan media gambar oleh guru di kelas X IPS SMA Muhammadiyah 2 Pontianak; 3. Menjelaskan kendala – kendala yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan media gambar di kelas X SMA IPS Muhammadiyah 2 Pontianak. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Siswa kelas X IPS menjadi sampelnya. Bentuk penelitian deskiptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang dengan teknik pengumpulan data yaitu : wawancara, observasi, studi dokumen/arsip. Validasi data dilakukan melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1. Guru telah menyusun RPP dengan pemanfaatan media gambar; 2. Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan media gambar; 3. Teknik penilaian pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan media gambar yang meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik; 4 kendala yang dihadapi adalah minimnya sumber belajar, pemahaman guru tentang pembelajaran sejarah, dan ketidaksesuaian antara silabus dengan buku siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SADIKIN, Muhammad. ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR OLEH GURU SEJARAH DI KELAS X IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Diakronika, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 121-126, dec. 2019. ISSN 2620-9446. Available at: <http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/92>. Date accessed: 28 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.24036/diakronika/vol19-iss2/92.
Section
Articles