Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Nilai-Nilai Sejarah Perjuangan Pangeran Sambernyowo di Era Masyarakat 5. 0

  • Muhammad Iqbal Birsyada Universitas PGRI Yogyakarta
  • Siswanta Siswanta
Keywords: Pendidikan, Karakter Bangsa, Nilai-Nilai Sejarah, Perjuangan, Pangeran Sambernyowo, Masyarakat 5. 0.

Abstract

Pendidikan secara esensial dan kultural pada hakikatnya bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kebudayaan yang menjadi identitas karakter masyarakat dan bangsa. Nilai-nilai esensial tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai cara seperti penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan (nation caracter building). Dengan melalui materi-materi di dalamnya maka masyarakat dapat diarahkan untuk memecahkan persoalan-persoalan (social problem) yang sedang mereka hadapi dalam rangka tujuan utamanya adalah penanaman karakter kebangsaan. Pada konteks pendidikan, nilai-nilai karakter kebangsaan ini pada akhirnya akan menjadi dasar dalam bersosialisasi dan berinteraksi masyarakat. Artikel ini bertujuan menganalisis tentang nilai-niai sejarah perjuangan Pangeran Sambernyowo yang kemudian dapat dikembangkan menjadi sebuah prototipe model pendidikan karakter bangsa pada masyarakat era 5. 0. Di era digital dan virtual pada saat ini model pengembangan pendidikan karakter bangsa menjadi sangat vital khususnya untuk proses pewarisan nilai-nilai karakter budaya bagi generasi millennial yang rentan akan krisis sosial-kebangsaan. Selain itu artikel ini juga memberikan langkah-langkah strategis dan inovatif perihal proses penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan dari kognitif hingga afektif ke pada peserta didik.

Katakunci: Pendidikan, Karakter Bangsa, Nilai-Nilai Sejarah, Perjuangan, Pangeran Sambernyowo, Masyarakat 5. 0.

References

Amini, Mutiah, 2016. Anomali Pola Asuh: Keraton Yogyakarta, 1921-1939. Paramita
Historical Studies Journal vol, 26, No 2. Hlmn:166-173.

Ann Kumar, 1980. Javanese Court Society and Politics in the Late Eighteenth Century: The Record of a Lady Soldier. ( Cornel Modern Indonesia Project, 198c).

Azinar, Ahmad Tsabit. 2010. Implementasi Critical Pedagogy Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial Pada SMA Negeri Kota Semarang. Tesis UNS. Tidak diterbitkan.


Bandura, Albert, 2002. Selective Moral Disengagement inthe Exercise of Moral Agency. Journal of Moral Education, Vol. 31, No. 2, 2002. DOI: 10.1080/0305724022014322. Taylor & Francis Group: Carfax Publishing.
Berkowitz, Marvin W and Wolfgang, Althof, 2006. Moral education and character education: their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education Vol. 35, No. 4, December 2006, pp. 495–518. DOI: 10.1080/03057240601012204. Taylor & Francis Group: Routledge.

Birsyada, Muhammad Iqbal, dkk. “Pemikiran Kewirausahaan Keluarga Mangkunegaran.” Paramita: Historical Studies Journal, 26, no 02, (2016): 174-185.

Birsyada, Muhammad Iqbal, 2016. Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: Ombak.

Birsyada, Muhammad Iqbal, 2016. “Legitimasi Kekuasaan Atas Sejarah Keruntuhan Kerajaan Majapahit Dalam Wacana Foucault.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24, no. 02, Pp, 311-332.

Birsyada, Muhammad Iqbal. Wasino, Suyahmo, Hermanu Joebagio, 2017. “The Business Ethics of Royal Family: Mangkunegara IV, Sufism and Economy in Java.” International Journal of Applied Business and Economic Research, 15 no. 7.

Birsyada, Muhammad Iqbal, 2020. “Sufism Ethics in Javanese Aristocracy: A Historical Perspective.” International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11, no. 10, Pp, 267-286.

Burdah, Ibnu, 2017. “The Politik Of Mataram Kingdom During The Reign Of Sultan Agung.” Journal of Indonesian Islam, 1, no.01, (2017): 267-306.

Carey, Peter. Inggris di Jawa 1811-1816. 2017. Jakarta: Kompas.

Carey, Peter dan Houben, Vincent, 2019. Perempuan-Perempuan Perkasa di Jawa Abad XVIII-XIX. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Gramedia.

Daradjadi, 2008. Perang Sepanjang 1740-1743, Tionghoa-Jawa Lawan VOC. Jakarta: Eksekutif Publishing

De Graaf, H.J, 1987. Runtuhnya Istana Mataram. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Fananie, Zainuddin M, 2005. Restrukturisasi Budaya Jawa Perspektif KGPAA MN I. 2005. Yogyakarta: UMS Press.

Galgano J, Michael & Hyser, Chris Arndt Raymond M, 2008. Doing History Research and Writing in the Digital Age. Thomson Wadsworth, a part of The Thomson Corporation. Thomson, the Star logo, and Wadsworth are trademarks used herein under license..
Gularso, Dhiniaty Gularso, Sugito , Zamroni, 2019. Kawruh Pamomong: Children Education Based In Local Wisdom in Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan, Vol. 38, No. 2, Pp. 343-355.
Houben, Vincent J. H, 1994. Kraton and Kumpeni Surakarta and Yogyakarta, 1830-1870. Leiden: KITLV Press.
Houben, Vincent, J. H, 2017. Keraton dan Kompeni Surakarta dan Yogyakarta Yogyakarta: 1830-1870. Cetakan kedua. Yogyakarta: Mata Bangsa.

Jonas Mark E, 2012. Gratitude, Ressentiment, And Citizenship Education. Stud Philos Educ (2012) 31:29-46. DOI 10. 1007/s11217-011-9261-8 Publish online: 12 July 2011. Springer Science= Business media B. V. 2011.

Joebagio, Hermanu, 2017. “Elite Tradisional Dalam Pergumulan Sistem Religio Political Power.” Paramita, 2, no.22.

Kasmadi, Hartono, 2005. Teknologi Pembelajaran Dan Pengelolaan Sumber Belajar Untuk Sekolah. Semarang: Unnes Press.
Kartidirdjo, Sartono, 1988. Modern Indonesia Tradition& Transformation A Socio-Historical Perspective. Second Edition. Gadjah Mada University Press.
Kartodirdjo, Sartono, dkk, 1987. Perkembangan Peradaban Priyayi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kellys, Mills, T. 2013. Teaching History in the Digital Age. Digitalculturebooks, an imprint of the University of Michigan Press, is dedicated to publishing work in new media studies and the emerging field of digital humanities.. E-book, Ann Arbor, MI: University of Michigan Press.
Lickona, T, 1991. Educating for character . New York, Bantam.
Lombard, Denys, 2005. Nusa Jawa: Silang Budaya Kajian Sejarah Terpadu Bagian III: Warisan Kerajaan-Kerajaan Konsentris. Alih Bahasa Winarsih Partanigrat, Rahayu, S. Hidayat dan Nini Hidayati Yusuf. Forum Jakarta-Paris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lovat, Terence and Neville Clement, Neville, 2008. Quality teaching and values education: coalescing for effective learning. Journal of Moral EducationVol. 37, No. 1, March 2008, pp. 1–16. DOI: 10.1080/03057240701803643. Taylor and Francis Group: Routledge.
Moertono, Soemarsaid, 2018. Negara dan Kekuasaan di Jawa Abad XVI-XIX. Kepustakaan Populer Gramedia.
Musadad, Akhmad Arif, 2015. Model Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Wawasan Kebangsaan. Paramita Historical Studies Journal volume 02 no. 2. Halaman: 247-260.
Pamberton, John. Jawa: On The Subject of Java. 2003. Yogyakarta: Mata Bangsa.
Permana, Septian Aji, 2020. Merapi’s Sacred Advice as a Warning of the Volcanic Eruption Disaste. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net, Volume 11, Issue 10, 2020. P, 252-266.
Permana, Septian Aji, 2020. The Lesson of Mbah Maridjan: The Locksmith of Merapi Mountain to Face the Threat of Eruption. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net, International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 11, Issue 10, 2020. Pp, 238-251.
Ricklefs, MC. Jogjakarta Under Sultan Mangkubumi 1749-1772, a History of The Division of Java. 1974. Yogyakarta: Gadjahmada University.
Ricklefs, M.C. A History Modern of Indonesia Since. c. 1200 Third Edition. 2001. Palgrave Houndmills, Basingstoke, Hampshire RG21 6XS Companies and representatives throughout the world.
Ricklefs, M.C. Sejarah Indonesia Modern. 2007. Jakarta: Serambi.
Rinkes. De Mangkunegaran door. 1924.
Setianto, Yudi, 2010. Birokrasi Tradisional Jawa Dalam Perspektif Sejarah. Paramita Historical Studies Journal vol.20 no.2
Soeratman, Darsiti. Kehidupan Dunia Kraton Surakarta 1830-1839. 1989. Jogjakarta: Taman Siswa.

Sudarmojo, Agus Haryo. Kepahlawanan dan Inspirasi Pangeran Sambernyowo. 2011. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Suharso, Pudjo, et,al, 2017. “Middle Class Priyayi: Dillema in the Crossroad of Cultural Changes (Case Study of Lifestyle Chabges Middle Class of Priyayi in Yogyakarta).” International Journal of Applied Business and Economic Research, 15, no.7, (2017).
Sutomo, Imam, 2014. Modification of Character Education Into Akhlaq Education For The Global Community Life. Indonesian Journal Of Islam And Muslim Societies volume 4 number 2 December. P: 291-316.

Suud, Abu, 2008. Revitalisasi Pendidikan IPS. Semarang : Unnes Press.

Wasino. 2008. Kapitalisme Bumi Putra: Perubahan Masyarakat Mangkunegaran. 2008. Yogyakarta: LkiS.

Wasino. Modernisasi Di Jantung Budaya Jawa Mangkunegaran 1896-1944. 2014. Jakarta: Kompas.

Wasino, 2015. “Modernisasi Budaya Politik Mangkunegaran.” Jurnal Sejarah dan Budaya,2, (2015):257-263.

Wasino, Endah Sri Hartatik & Nawiyanto. “From royal familybased ownership to state business management: Mangkunegara's sugar industry in Java from the middle of the 19th to early 20th century.” Management & Organizational History, (2019):1-17.

Wineburg, Sam, 2006. Historical Thinking and other Unnatural Acts Charting the Future of Teaching the Past.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Terjemahan Yayasan Obor Indonesia.

Zuchdi, Darmiyati, 2010. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-06-30
Section
Articles